IMPLEMENTASI METODE TOKEN ECONOMY PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MOJOREJO 01 KECAMATAN BENDOSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 1852000117

PRIYANTI, UTARI YOGA (2023) IMPLEMENTASI METODE TOKEN ECONOMY PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MOJOREJO 01 KECAMATAN BENDOSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 1852000117. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
UTARI HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
UTARI BAB I-II.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB III-V] Text (BAB III-V)
UTARI BAB III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis gambaran implementasi metode token economy pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mojorejo 01 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024 2) untuk mengetahui penerapan metode token economy pada mata
pelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mojorejo 01 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Waktu penelitian pada bulan Agustus 2023, lokasi di Sekolah Dasar Negeri Mojorejo 01 di Jalan Mulur Puhgogor, Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo.
Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas dan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) Implementasi metode token economy pada mata pelajaran IPAS berjalan dengan baik ditunjukkan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui tiga tahapan antara lain : Tahap pendahuluan terlihat ketika guru memberikan reinforcement berupa pemberian motivasi, apersepsi dan penentuan kepingan token, Tahap kedua yakni tahap
pelaksanaan ditunjukkan dengan guru mengamati modifikasi perilaku siswa dan memberikan reward sebagai bentuk apresiasi, tahap ketiga yaitu tahap evaluasi terlihat ketika guru melakukan sebuah refleksi setelah pembelajaran IPAS dilakukan. 2) Pada proses implementasi metode token economy pada mata pelajaran IPAS masih terdapat beberapa kendala seperti : penggunaan media yang kurang jelas, suasana kelas yang tidak kondusif dan masih terdapat beberapa siswa yang
dominan dalam menyampaikan gagasannya di depan kelas.
Kata Kunci: Metode, Token Economy, IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Token Economy, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:25
Last Modified: 20 Feb 2024 03:25
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item
View Item