UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA CORONG BERHITUNG KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI LABAN 01 TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 1952000106

KUMALASARI, NURUL (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA CORONG BERHITUNG KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI LABAN 01 TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 1952000106. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
PREVIEW-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I-3.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II-3.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan 1) ketrampilan berfikir kreatif, siswa, 2) hasil belajar matematika melalui media corong berhitung pada siswa kelas II di SD Negeri Laban 01. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Laban 01. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan observasi dan diperkuat dengan wawancara untuk mengetahui tingkat ketrampilan berfikir kreatif siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif . Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) Observasi, 4) wawancara, 5) dokumentasi, dan 6) Refleksi . Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri Laban 01 mendapatkan hasil yang meningkat dari ketrampilan berfikir kreatif siswa dan hasil belajar matematika melalui media corong berhitung dapat dilihat dari tindakan per siklus
yang telah dilaksanakan.1) hasil penelitian dari ketrampilan berfikir kreatif siswa diketahui dari hasil observasi yang telah dilakukan pada siklus I di dapatkan hasil skor 25 masih terdapat 11 siswa pada pengamatan yang kurang aktif dan sangat pasif, maka oleh peneliti ditingkatkan lagi pada siklus ke II dengan dibuatnya kelompok dalam pembelajaran ini membuat meningkatnya dengan skor ketrampilan berfikir kreatif siswa menjadi 39. 2) hasil belajar matematika siswa
pra siklus belum mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) dengan rataratanya 70,3 dan presentase ketuntasan 38%. Pada siklus I didapatkan hasil dengan rata-rata 80,7 dengan presentase ketuntasan 40%. Kemudian pada siklus II rata-rata yaitu 100 dengan presentase ketuntasan 100%.
Kata Kunci : hasil belajar, ketrampilan berfikir kreatif dan media corong berhitung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, ketrampilan berfikir kreatif dan media corong berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:51
Last Modified: 13 Feb 2024 06:51
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item
View Item