PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN 02 KABUPATEN SUKOHARJO - 1952000051

ARIYANI, DINDA CLAUDIA (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN 02 KABUPATEN SUKOHARJO - 1952000051. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
DINDA-HLM AWAL.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of BAB I - II] Text (BAB I - II)
DINDA-BAB I-II.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
DINDA-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan problematika pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri Gadingan 02 Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam belajar membaca siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Gadingan 02.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Waktu penelitian pada bulan Juli 2023, lokasi di Sekolah Dasar Negeri Gadingan 02, Kab. Sukoharjo. Subjek penelitian terdiri dari 7 dari 16 anak siswa kelas II, guru kelas II dan orang tua siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat problematika pembelajaran membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas II SDN Gadingan 02. Problematika tersebut yaitu adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca permulaan. Kesulitan yang dialami oleh siswa diantaranya yaitu belum bisa mengidentifikasi beberapa huruf, masih kesulitan dalam menyusun huruf menjadi sebuah kata, kurangnya daya ingat siswa, kesalahan penghilangan atau penggantian huruf dan dan masih tersendat-sendat dalam membaca. Adapun beberapa faktor penghambat siswa kelas II SDN Gadingan 02 dalam pembelajaran membaca permulaan diantaranya yaitu, faktor psikologis, lingkungan, dan intelektual.
Kata kunci: Problematika, Membaca Permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Membaca Permulaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:22
Last Modified: 13 Feb 2024 03:22
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item
View Item