Rastanti, Heni (2025) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, RISK PERCEPTION DAN FINANCIAL INFLUENCER TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Pada Generasi Z dan Generasi Milenial di Solo Raya) - 2152100001. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MAN HENI RASTANTI-1.pdf - Submitted Version
Download (210kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MAN HENI RASTANTI-17-42.pdf - Submitted Version
Download (314kB)
![[thumbnail of BAB III-V]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MAN HENI RASTANTI-43-82.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Download (467kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel literasi keuangan, persepsi risiko, dan influencer keuangan terhadap pengambilan keputusan investasi di pasar modal pada generasi z dan generasi milenial di Solo Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah investor generasi z dan generasi milenial Solo Raya dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 104 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan influencer keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi, sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi di pasar modal.
Kata Kunci: literasi keuangan, persepsi risiko, influencer keuangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi keuangan, persepsi risiko, influencer keuangan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:35 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:35 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/350 |