PUJIASTUTIK, ELIN (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI: KAJIAN LITERATUR - 1851600005. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ELIN PUJIASTUTIK-1.pdf - Accepted Version
Download (202kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ELIN PUJIASTUTIK-15-43.pdf - Accepted Version
Download (309kB)
![[thumbnail of BAB III-VI]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ELIN PUJIASTUTIK-44-68.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (349kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Guided Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar biologi melalui pendekatan kajian literatur dan analisis teoretis. Secara spesifik, penelitian ini menganalisis
konsep model pembelajaran Guided Inquiry dalam pembelajaran biologi, efektivitas model tersebut dalam meningkatkan hasil belajar, serta keunggulan dan tantangan dalam penerapannya. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menganalisis berbagai hasil penelitian dan kajian teoretis terkait implementasi model Guided Inquiry dalam pembelajaran biologi yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2019-2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry merupakan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa dengan bimbingan terstruktur dari guru, yang Dilaksanakan melalui tahapan sistematis meliputi orientasi, perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, perumusan kesimpulan, dan komunikasi.
Model pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, mengembangkan keterampilan proses sains, meningkatkan sikap ilmiah, dan motivasi belajar siswa. Guided Inquiry memiliki keunggulan dalam hal kesesuaian dengan hakikat sains, pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran bermakna, diferensiasi pembelajaran, pengembangan kemandirian belajar, peningkatan literasi sains, dan relevansi dengan tuntutan keterampilan abad 21.
Kata Kunci: Model pembelajaran, guided inquiry, hasil belajar, pembelajaran
biologi,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, guided inquiry, hasil belajar, Pembelajaran biologi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:16 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:16 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/308 |