MUTAQIN, AZIK (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII A MTs AL JAUHAR SEMIN GUNUNGKIDUL TAHUN 2024/2025 - 2051500012. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MTK Azik Mutaqin-1.pdf - Accepted Version
Download (173kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MTK Azik Mutaqin-15-29.pdf - Accepted Version
Download (223kB)
![[thumbnail of BAB III-VI]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MTK Azik Mutaqin-30-60.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII A MTs Al Jauhar Semin Gunungkidul Semester II tahun pelajaran 2024/2025 melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus, dalam setiap siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating) dan refleksi (reflecting). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A MTs Al Jauhar Semin Gunungkidul sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya nilai bobot pemahaman konsep matematis siswa pada kondisi awal 11 atau 24,75% menjadi 20 atau 45,00% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 27 atau 60,75% pada siklus II, dan meningkat kembali menjadi 35 atau 78,75% pada siklus III. Kemudian dari hasil nilai rata-rata pada kondisi awal 56,16 menjadi 71,15 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 74,23 pada siklus II, dan meningkat kembali menjadi 84,61 pada siklus III. Dilihat dari siswa yang tuntas KKM, pada kondisi awal 3 siswa atau 11,53% menjadi 12 siswa atau 46,15% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 16 siswa atau 61,53% pada siklus II, dan meningkat kembali menjadi 25 siswa atau 96,15% pada siklus III. Dari hasil penelitian tersebut nampak bahwa terjadi proses peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dari sebelum tindakan, setelah tindakan siklus I, siklus II maupun siklus III dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Berdasarkan pada hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis materi bangun ruang sisi datar setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas VIII A MTs Al Jauhar Semin Gunungkidul Semester II tahun pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : tingkat pemahaman, konsep matematis siswa, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tingkat pemahaman, konsep matematis siswa, Problem Based Learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:57 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:57 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/303 |