SEDIYONO, SRI AYU NOERMA GUPITA (2024) Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Penguatan Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar di Perumahan Griya Alam Asri 3 Kadokan Grogol Sukoharjo - 1752000150. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD SRI AYU-1.pdf - Accepted Version
Download (476kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD SRI AYU-2.pdf - Accepted Version
Download (445kB)
![[thumbnail of BAB III-V]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD SRI AYU-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (451kB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan sistem pembelajaran daring terhadap penguatan literasi informasi pada siswa Sekolah Dasar di Perumahan Griya Alam Asri 3, Kelurahan Kadokan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.
Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dan wali murid atau orang tua. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui siswa sekolah dasar yang ada di Perumahan Griya Alam Asri 3 dan orang tua atau wali murid siswa yang diwawancara oleh penulis.
Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Penguatan Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar khususnya di Lingkungan Perumahan Griya Alam Asri 3 yaitu Sulitnya siswa dalam memahami informasi atau tugas yang disampaikan guru melalui grup WhatsApp tanpa adanya penjelasan lebih detail dari guru mengenai materi atau informasi yang dikirimkan, sehingga anak menjadi malas belajar dan menyepelekan apa yang disampaikan oleh guru tanpa adanya pembelajaran tatap muka secara langsung maupun secara virtual. Kendala-kendala Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Penguatan Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar di Perumahan Griya Alam Asri 3 Kelurahan Kadokan, Kecamtan Grogol, Kabupaten Sukoharjo yaitu Keterbatasan sinyal dan kuota. Latar belakang orang tua yang berbeda-beda seperti kesibukan atau pekerjaan orang tua sehingga orang tua tidak bisa mendampingi proses pembelajaran daring kepada anak sehingga anak terkadang tidak paham denga napa yang guru sampaikan.
Kata Kunci : Dampak Pembelajaran Daring dan Penguatan Literasi Informasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dampak Pembelajaran Daring dan Penguatan Literasi Informasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:50 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 03:50 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/263 |