REFLEKSI KESIAPAN GURU KELAS I DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGROMBO 02 KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. 2152000001

ARININGSIH (2023) REFLEKSI KESIAPAN GURU KELAS I DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGROMBO 02 KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. 2152000001. Skripsi thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
PREVIEW.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
AR BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
AR BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
AR BAB V.pdf

Download (174kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesiapan guru kelas I dalam
menerapkan pembelajaran tatap muka dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah
Dasar Negeri Ngrombo 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran
2022/2023. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi penelitian
berikutnya sebagai alternatif sumber bahan pembelajaran dalam upaya
meningkatkan kualitas pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Subyek penelitian adalah
Guru kelas I SD Negeri Ngrombo 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru kelas I SD Negeri Ngrombo
02 dalam menerapkan pembelajaran tatap muka dengan Kurikulum Merdeka
terlihat pada kesiapan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Dalam
perencanaan, guru merancang asesmen diagnostik, menyiapkan seperangkat
pembelajaran serta pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan gaya belajar dan
karakteristik siswa. Dalam pelaksanaan, guru menerapkan budaya positif 5 S,
membuat kesepakatan dengan siswa, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
modul ajar dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Dalam evaluasi, guru
melakukan evaluasi diagnostik di awal pembelajaran, asesmen formatif pada saat
pembelajaran berlangsung, evaluasi sumatif di akhir tema pembelajaran,
memberikan program remidial dan program pengayaan serta melakukan refleksi
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesiapan guru, kurikulum merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:35
Last Modified: 08 Sep 2023 06:35
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item
View Item