Rizqy, Merinda Faatihah (2024) Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Mencegah Bullying Verbal Pada Siswa SMK Veteran 1 Sukoharjo - 2051400054. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BK MERINDA-1.pdf - Accepted Version
Download (407kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BK MERINDA-2.pdf - Accepted Version
Download (257kB)
![[thumbnail of BAB III-V]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BK MERINDA-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
Abstract
Perilaku bullying verbal sangat berdampak kepada kesehatan mental seseorang dan menjadikan penurunan akreditasi akademik sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bimbingan kelompok teknik diskusi dapat mencegah bullying verbal pada siswa kelas XI TKJ 3 SMK Veteran 1 Sukoharjo. Teknik diskusi dalam bimbingan kelompok dapat mencegah bullying verbal. Melalui teknik diskusi subjek penelitian dapat meningkatkan kesadaran dan pemehaman di kalangan siswa mengenai dampak perilaku verbal yang merugikan. Teknik diskusi juga membantu mengembangkan ketrampilan komunikasi yang lebih empatik, membantu subjek penelitian untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang konstruktif dan menghormati.
Metode penelitian ini adalah eksperiman dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini bertempat di SMK Veteran 1 Sukoharjo, Sukoharjo, Jawa Tengah. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas XI TKJ 3 SMK Veteran 1 Sukoharjo yang ditetapkan melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket bullying verbal. Validitas angket bullying verbal menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Uji reliabilitas angket bullying verbal menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas angket bullying verbal sebesar 0,958. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik, yaitu Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik diskusi dapat mencegah bullying verbal pada siswa kelas XI TKJ 3 SMK Veteran 1 Sukoharjo yang dibuktikan dengan nilai Z= -2.524, nilai signifikan 0,012 < 0,05. Pemberian bimbingan kelompok teknik diskusi kepada siswa menunjukkan perubahan penurunan tingkat bullying verbal.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi, bullying verbal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, teknik diskusi, bullying verbal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:52 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:52 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/249 |