Wulandari, Septiana (2024) Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun 2023/2024 - 2051500008. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk Septiana Wulandari-1.pdf - Accepted Version
Download (590kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk Septiana Wulandari-2.pdf - Accepted Version
Download (343kB)
![[thumbnail of BAB III-V]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk Septiana Wulandari-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (612kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika, khususnya siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis true eksperimen tipe pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjo. Dengan sampel siswa kelas XI F.5A dan XI F.5.B yang berjumlah sebanyak 66 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa hasil tes pemahaman konsep matematika siswa. Data diperoleh dari guru dan siswa dengan metode dokumentasi dan hasil tes pretest posttest pemahaman konsep matematika siswa. Sebelum pengumpulan data, tes diuji kalibrasi dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah data hasil tes diperoleh, dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah uji prasyarat terpenuhi, data tes diuji hipotesis menggunakan uji t untuk menjawab tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini ditunjukkan pada nilai � ℎ�����>� ����� yaitu, 2,1085>1,669. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, apabila � ℎ�����>� ����� maka �0 ditolak dan �1 diterima, yang berarti penggunaan video pembelajaran efektif terhadap pemahaman konsep matematika. Selain itu juga terdapat kenaikan rata-rata pada kelas eksperimen setelah perlakuan pembelajaran dengan video pembelajaran yaitu rata-rata pretest sebesar 76,2424 dan rata-rata posttest sebesar 87,9091.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun 2023/2024.
Kata kunci: media pembelajaran, video pembelajaran, pemahaman konsep, matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, video pembelajaran, pemahaman konsep, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:36 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:36 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/248 |