Nuruddin, Muh Farid Siam (2024) KEBERADAAN MUSEUM MONUMEN PERS NASIONAL YOSODIPURO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024 - 2051200001. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FARID HLM AWAL.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FARID BAB I-II.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of BAB III-VI]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FARID BAB III-VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (516kB)
Abstract
Muh Farid Siam Nuruddin, 2051200001. Keberadaan Museum Monumen Pers Nasional Yosodipuro sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Pembimbing I : Drs. Muslikh, M. Pd, Pembimbing II : Dr. Fauzi Rachman, S. Pd., M. Pd. Sukoharjo. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara. 2024.
Penelitian ini bertujuan membahas : (1) Jenis-jenis koleksi dari Monumen Pers Nasional yang dapat menjadi sumber belajar sejarah, (2) Kriteria yang menjadi acuan dalam pemanfaatan koleksi Monumen Pers Nasional sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, (3) Pemanfaatan Monumen Pers Nasional oleh siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sebagai sumber belajar.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan terfokus pada satu titik atau terpancang tunggal. Informan yang terlibat meliputi Manajemen Monumen Pers Nasional, pemandu museum Monumen Pers Nasional, Kurator/Pamong Budaya Monumen Pers Nasional, guru, dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan diperluas dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian: (1) latar belakang berdirinya Monumen Pers Nasional yang bermula dari tempat berkumpulnya masyarakat Solo, dahulu bernama Societet Sasana Soeka. Pendirian Monumen Pers Nasional bermula dari usulan Persatuan Wartawan Indonesia yang ingin adanya museum untuk benda-benda pers kepada presiden Soekarno, (2) Pengkategorian koleksi menjadi artefak dan bukti terbit media, kategori artefak dengan 8 klasifikasi, dan bukti terbit media terdapat 3 klasifikasi, (3) Pemanfaatan koleksi Monumen Pers Nasional sebagai sumber belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta relevan dengan materi mata pelajaran Sejarah yang ada di Kurikulum Merdeka yaitu Penelitian Sejarah terutama berkaitan dengan sumber-sumber sejarah, (4) pemanfaatan Monumen Pers Nasional oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan didampingi oleh guru dan pemandu museum, Monumen Pers cocok sebagai sumber belajar baik siswa SMA maupun mahasiswa perguruan tinggi.
Kata kunci : Monumen Pers Nasional, Sumber Belajar Sejarah, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Monumen Pers Nasional, Sumber Belajar Sejarah, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:37 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:37 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/208 |