EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, AND PRODUCT (CIPP) PADA PROGRAM KOMPETENSI BROADCASTING KELAS XI SMK VETERAN 1 SUKOHARJO - 2151300001

Murti, Wandha Prayuda (2024) EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, AND PRODUCT (CIPP) PADA PROGRAM KOMPETENSI BROADCASTING KELAS XI SMK VETERAN 1 SUKOHARJO - 2151300001. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
Wandha Prayuda Murti - halaman awal.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
BAB I - II.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of BAB III-V] Text (BAB III-V)
BAB III - V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program praktik kerja industri SMK Veteran 1 Sukoharjo dan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi SMK untuk mengevaluasi dan memperbarui kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan industri atau dunia kerja serta memperkuat hubungan antara SMK dan dunia industri guna membuka peluang untuk kerjasama.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian context, input, process and product (CIPP). Parameter yang diukur meliputi context (tujuan program prakerin, sasaran program prakerin, relevansi program prakerin, dan sistem pengelolaan program prakerin), input (penyiapan sebelum pelaksanaan prakerin), process (peran peserta didik, peran pembimbing industri, peran guru pembimbing, serta hambatan selama prakerin), and product (pengembangan personalitas peserta didik, pengembangan keterampilan peserta didik, kesiapan peserta didik, pengalaman inovatif peserta didik,serta kepuasan peserta didik). Waktu penelitian dari maret – agustus 2024, berlokasi di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Pengumpulan data dengan metode observasi, portofolio, dan wawancara dengan jumlah subjek penelitian 16 peserta.
Melalui penelitian evaluasi menggunakan metode CIPP ditemukan bahwa keterlaksanaan program prakerin di SMK Veteran 1 Sukoharjo pada tahun ajaran 2023/2024 sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketrampilan teknis (hard skill) dan ketrampilan non-teknis (soft skils) setelah melaksanakan prakerin
Kata kunci: CIPP, Prakerin SMK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: context, input, process and product
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 03 Jan 2025 04:12
Last Modified: 03 Jan 2025 04:12
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item
View Item