Rasa Ingin Tahu Pemahaman Konsep Matematis. Editor: Dewi Kusumaningsih

Rini, Zulmi Roestika (2024) Rasa Ingin Tahu Pemahaman Konsep Matematis. Editor: Dewi Kusumaningsih. Technical Report. Lima Aksara, Jombang.

[thumbnail of MONOGRAF-BEFORE EDITING] Text (MONOGRAF-BEFORE EDITING)
BEFORE-Mengenal Konsep Matematis .pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[thumbnail of MONOGRAF-AFTER EDITING] Text (MONOGRAF-AFTER EDITING)
AFTER-Pemahaman Konsep Matematis.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang dipelajari pada setiap jenjang pendidikan. Hal ini disebabkan karena matematika sangat dibutuhkan dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang akan merasa mudah memecahkan masalah dengan bantuan matematika, karena matematika itu sendiri memberikan kebenaran berdasarkan alasan logis dan sistematis.
Konsep matematika yang bersifat abstrak menyebabkan sulit untuk dipahami dan dipelajari oleh para peserta didik di sekolah. Qayumi (2001) Kesulitan tersebut dirasakan terutama oleh siswa pada tingkat sekolah dasar (SD) karena menurut Piaget anak pada usia SD ( 7-11 tahun ) sedang memasuki perkembangan pada stadium operasional konkrit. Pada stadium ini anak sudah mampu memperhatikan dimensi lebih dari satu dan menghubungkan beberapa dimensi. Mayoritas guru SD masih secara verbal dalam memberikan materi matematika padahal siswa belum mampu menyelesaikan masalah dengan baik tanpa adanya bahan konkrit.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:11
Last Modified: 16 Oct 2024 02:11
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item