EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI ALAT PERAGA TUMBUHAN NYATA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI 02 GEDOMPOL KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 1952000023

SAPUTRA, ERIK WAHYU (2024) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI ALAT PERAGA TUMBUHAN NYATA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI 02 GEDOMPOL KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 1952000023. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
ERIK WAHYU-HALAMAN AWAL.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
SKRIPSI ERIK WAHYU-BAB I-II.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of BAB III-AKHIR] Text (BAB III-AKHIR)
SKRIPSI ERIK WAHYU-BAB III-AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penerapan problem based learning terhadap pembelajaran IPA struktur tumbuhan dan fungsinya melalui alat peraga tumbuhan nyata di kelas V SD Negeri 02 Gedompol.
Penelitian ini merupakan penelitian yang termasuk ke dalam jenis kuantitatif dengan pendekatan staistika. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah subjek penelitian yakni, siswa kelas V SD Negeri 02 Gedompol Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 25. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas kontrol 12 siswa dan kelas eksperimen 13 siswa Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah Experimental Design jenis Control Group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan teknik analisis satistik-kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan problem based learning berbantuan media tumbuhan nyata dalam pembelajaran IPA Struktur tumbuhan dan Fungsinya pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Gedompol Donorojo Pacitan Tahun Pelajaran 2023/2024. Dilihat dari hasil nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,43 < 0,553` atau thitung > ttabel = 1.553 > 0,679 yang artinya H0 tidak diterima atau Ha diterima. Berdasarkan nilai t hitung lebih dari t table menunjukkan terdapat efektivitas penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran IPA Struktur Tumbuhan melalui Media Tumbuhan Nyata. Efektivitas diperoleh melalui perolehan nilai Sig (2-tailed) yang menunjukkan angka 0,43 lebih dari taraf signifikasi dalam tahap analisis data secara kuantitatif.
Kata Kunci: efektivitas, problem based learning, Struktur Tumbuhan dan Fungsinya, Alat Peraga, Tumbuhan Nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, problem based learning, Struktur Tumbuhan dan Fungsinya, Alat Peraga, Tumbuhan Nyata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:59
Last Modified: 30 Apr 2024 01:59
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item