EFEKTIVITAS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR PEMBAGIAN DAN MEDIA PPT (POWERPOINT) SEKOLAH DASAR GUGUS PRAMBANAN BENDOSARI SUKOHARJO - 1952000012

DWIASTUTI, NOVITA (2024) EFEKTIVITAS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR PEMBAGIAN DAN MEDIA PPT (POWERPOINT) SEKOLAH DASAR GUGUS PRAMBANAN BENDOSARI SUKOHARJO - 1952000012. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
NOVITA-HALAMAN AWAL.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
NOVITA-BAB I-II.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of BAB III-AKHIR] Text (BAB III-AKHIR)
NOVITA-BAB III-AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah Model PBL (Problem Based Learning) dengan media papan pintar pembagian dan media powerpoint efektif digunakan dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Prambanan Bendosari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Prambanan Bendosari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Prambanan Bendosari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis kuantitatif, dengan teknik analisis data uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian pada pertemuan I kelas eksperimen menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa adalah 87, 5%, kemudian meningkat pada pertemuan II menjadi 100%. Sedangkan pada pertemuan I kelas kontrol menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa adalah 55, 0%, kemudian meningkat pada pertemuan II menjadi 70,0%. Berdasarkan pertemuan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang dirumuskan “Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) materi pembagian dua bilangan menggunakan media papan pintar pembagian efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Sekolah Dasar Gugus Prambanan Bendosari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024.” dapat diterima kebenarannya.
Kata Kunci:
Efektivitas PBL (Problem Based Learning), Hasil Belajar Matematika, Papan Pintar Pembagian, PPT (PowerPoint).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas PBL (Problem Based Learning), Hasil Belajar Matematika, Papan Pintar Pembagian, PPT (PowerPoint).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:29
Last Modified: 20 Mar 2024 01:29
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item