WIDHIANTORO, AAN (2024) PENERAPAN REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR NEGERI I TUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 1952000109. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
Aan Widhiantoro HLM AWAL.pdf
Download (715kB)
Aan Widhiantoro I-II.pdf
Download (510kB)
Aan Widhiantoro III-AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (547kB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan reinforcement (penguatan) terhadap motivasi belajar peseta didik dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar Negeri I Tunggur tahun pelajaran 2023/2024 Kec. Slogohimo Kab. Wonogiri.
Metode yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 13 peserta didik kelas IV dan 1 guru Sekolah Dasar Ngeri I Tunggur. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawacara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Validasi data menggunakan trigulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan penerapan reinforcement (penguatan) memiliki peran penting terhadap motivasi belajar peserta didikmata pelajaran, terutama pada mata pelajaran IPAS kelas IV di Sekolah Dasar Negeri I Tunggur. 1) bahwa dengan penerapan reinforcement (penguatan) membuat peserta didik lebih memperhatikan saat pembelajaran berlangsung ; 2) bahwa dengan reinforcement (penguatan) peserta tidak berbicara sendiri saat guru menjelaskan materi ; 3) motivasi belajar pesrta didik dalam proses belajar mengajar peserta didik berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang bagus ; 4) Adanya pengaruh yang cukup besar antara penerapan reinforcement (penguatan) terhadap motivasi peserta dalam proses belajar mengajar mata pembelajaran IPAS kelas IV di Sekolah Dasar Negeri I Tunggur. Dalam pemebelajaran guru telah melakukan penerapan reinforcement (penguatan) dengan baik, mengungkapkan dengan kata dan kalimat pujian secara lisan dengan dukungan anggota tubuh serta pemberian hadiah berupa pemberian tanda bintang untuk peserta didik yang aktif dalam pembelajaran IPAS dan untuk peserta didik yang mendapat nilai bagus.
Kata Kunci : Reinforcement, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reinforcement, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 03:35 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 03:35 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/134 |