ANALISIS PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP PERILAKU ADDICTED DI KALANGAN USIA SEKOLAH DASAR - Dr. Meidawati Suswandari, M.Pd - Universitas Veteran Bangun Nusantara

Suswandari, Meidawati (2022) ANALISIS PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP PERILAKU ADDICTED DI KALANGAN USIA SEKOLAH DASAR - Dr. Meidawati Suswandari, M.Pd - Universitas Veteran Bangun Nusantara. Journal of Educational Learning and Innovation, 2 (2). pp. 212-226. ISSN 2775-2739

[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
4. ANALISIS PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP PERILAKU ADDICTED, 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan
penggunaan aplikasi TikTok terhadap terhadap perilaku adiksi di kalangan anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Teknik dalam mengumpulkan data penelitian berupa kuesioner. Populasi yang dipergunakan adalah siswa usia sekolah dasar di desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
Sampel dari riset ini sejumlah 20 siswa Sekolah Dasar yang tersebar di desa Palur. Sebanyak 20 siswa terdiri dari kelas I hingga kelas VI. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuesioner. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media sosial TikTok memberikan pengaruh besar dalam kehidupan seseorang salahsatunya anak-anak di kalangan usia sekolah dasar di desa Palur sehingga mereka menjadi perilaku adiksi. Hal inilah yang menjadikan peran orangtua sangat diperlukan dalam mengkontrol dan mengawasi serta menyeleksi anak-anak mereka supaya tidak ketergantungan dengan media sosial TikTok.
Kata Kunci: TikTok; perilaku adiksi; anak-anak; sekolah dasar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: TikTok; perilaku adiksi; anak-anak; sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 13 Feb 2024 13:49
Last Modified: 13 Feb 2024 13:49
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item
View Item