PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUH 03 KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023 - 1952000028

SIDIQ, NUR MUHAMMAD (2023) PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUH 03 KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023 - 1952000028. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
SKRIPSI SIDIQ-2.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of BAB I - II] Text (BAB I - II)
SKRIPSI SIDIQ-BAB I-II.pdf

Download (337kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Menggunakan Media Konkret Pada Siswa SD Negeri Dukuh 03 Kabupaten Sukoharjo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa. Yang Terdiri Dari 10 siswa laki–laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi,wawancara,lembar observasi kinerja guru,soal test dan angket. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Penelitian Tindakan dilakukan dari tahap: (1). Perencanaan (Planning), (2). Tindakan (action), (3). Pengamatan (observing), (4). Refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan yaitu keberhasilan hasil belajar siswa melalui angket sebesar 75% dan indikator hasil belajar siswa melalui tes sebesar 75% dari siswa yang memenuhi KKM 71.
Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa penggunaan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dukuh 03 Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023 dapat disimpulkan bahwa penggunaan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) hasil belajar siswa pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV dengan hasil sebesar 35,5% pada prasiklus,pada siklus 1 mengalami kenaikan sebesar 51,8% dan meningkat pada siklus II sebesar 96%. Karena pada siklus II indikator kinerja keberhasilan telah tercapai maka penelitian tidak dilanjutkan kesiklus berikutnya
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
Pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) pada siswa kelas IV sekolah dasar negeri dukuh 03 kabupaten sukoharjo tahun pelajaran 2022/2023

Kata Kunci : hasil belajar , media benda konkret

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar , media benda konkret
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:22
Last Modified: 22 Jan 2024 03:55
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item
View Item