Maghdalena, Vika (2025) STUDI KOMPARATIF GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL SISWA PADA KELUARGA BROKEN HOME DI SMA - 2151400028. FKIP. (Submitted)
![[thumbnail of ARTIKEL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BK VIKA MAGHDALENA.pdf
Download (4MB)
Abstract
Gangguan mental emosional pada siswa semakin meningkat, terutama pada siswa dari keluarga terpecah
(broken home). Hal ini menyebabkan stress, kecemasan dan depresi pada siswa, sehingga mempengaruhi
kesejahteraan mental siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan gangguan mental emosional siswa
pada keluarga broken home di SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis
komparatif/perbandingan. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi berupa skala Likert dengan
jumlah 82 pertanyaan positif (favorable) dan pertanyaan negatif (unfavorable). Sampel untuk penelitian ini
diambil dari populasi dengan memanfaatkan teknik purposive sampling . Kemudian dilakukan uji validitas dan
uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA satu arah yang asumsinya dipenuhi terlebih
dahulu dengan melakukan uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov Statistic) dan uji homogenitas varians
(Levene’s). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat gangguan mental emosional siswa dari ketiga sekolah
yang diteliti tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi
pengembangan Bimbingan dan Konseling, terutama dalam merancang intervensi yang adil dan responsif
terhadap kebutuhan siswa yang berasal dari keluarga yang tidak utuh di berbagai sekolah.
Kata Kunci : Keluarga Terpecah, Faktor Gangguan Mental Emosional, Siswa SMA
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keluarga Terpecah, Faktor Gangguan Mental Emosional, Siswa SMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 04:09 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 04:09 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/368 |