Turnitin Check - TPR (Total Physical Response) Untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun - Warih Anggi Pratiwi, S.Pd., M.Pd.

Turnitin Checker (2025) Turnitin Check - TPR (Total Physical Response) Untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun - Warih Anggi Pratiwi, S.Pd., M.Pd. 15.

[thumbnail of Turnitin Checker] Text (Turnitin Checker)
TPR (Total Physical Response) Untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan kemampuan gerak lokomotor anak usia 5–6 tahun di taman kanak-kanak. Kemampuan gerak lokomotor merupakan bagian dari perkembangan motorik kasar yang sangat penting untuk mendukung aktivitas fisik anak, seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar anak masih mengalami kesulitan dalam melakukan gerak lokomotor dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang mampu menstimulasi kemampuan motorik secara menyenangkan dan bermakna. Metode TPR dipilih karena menggabungkan perintah verbal dengan respons fisik yang aktif, sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini yang senang belajar melalui gerak dan bermain. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian gerak lokomotor anak berdasarkan enam indikator utama: berjalan lurus, berlari, melompat, meloncat, naik-turun tangga, dan merangkak. Subjek penelitian adalah 20 anak kelompok B (usia 5–6 tahun) di salah satu BA Aisyiyah Rejosari di Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan gerak lokomotor yang signifikan dari siklus ke siklus. Skor rata-rata anak menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata kemampuan gerak lokomotor dari pra tindakan (30,55%), siklus I (76,55%), hingga siklus II (87,78%). Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode TPR efektif dalam menstimulasi gerak dasar anak secara aktif dan menyenangkan. Selain itu, anak juga menunjukkan peningkatan motivasi dan antusiasme selama kegiatan berlangsung. Dengan demikian, metode TPR dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran motorik kasar yang tepat dalam konteks pendidikan anak usia dini.
Kata kunci: Total physical respon, anak usia dini, metode pembelajaran, lokomotor, gerak

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: Total physical respon, anak usia dini, metode pembelajaran, lokomotor, gerak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:18
Last Modified: 25 Aug 2025 03:18
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item
View Item