PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MEREDUKSI FENOMENA BURNOUT BELAJAR SISWA DI SMA - 2151400026

Aji, Tantra Paramita (2025) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MEREDUKSI FENOMENA BURNOUT BELAJAR SISWA DI SMA - 2151400026. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL TANTRA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Burnout akademik adalah kondisi di mana siswa mengalami kelelahan emosional, depersonalisasi, dan penurunan pencapaian akademik karena tuntutan belajar yang terus menerus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen satu grup pre-test dan post-test untuk mengetahui seberapa efektif konseling kelompok dengan teknik modeling dalam mengurangi kelelahan belajar pada siswa sekolah menengah atas. Ada enam siswa dalam penelitian yang memiliki tingkat kelelahan yang tinggi, berdasarkan hasil skala kelelahan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen skala kelelahan dan kemudian dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor burnout kelompok teknik modeling berbeda sebelum dan sesudah layanan konseling, dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok yang menggunakan teknik modeling dapat membantu siswa merasa lebih santai saat belajar.
Kata Kunci : Burnout , Konseling Kelompok, Teknik Modelling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Burnout , Konseling Kelompok, Teknik Modelling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:12
Last Modified: 01 Jul 2025 07:12
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item
View Item