Putri, Megayanti Hendiana (2024) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Studi Kasus tentang Tantangan Dan Peluang - 2052000130. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8 (1): 21. pp. 245-259. ISSN 2580-2437
![[thumbnail of ARTIKEL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD MEGAYANTI-1.pdf
Download (857kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan literasi numerasi dan tantangan yang dihadapi dalam mengerjakan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) matematika siswa kelas V di SD Negeri 01 yang berada di kabupaten karanganyar, 2) mendeskripsikan peluang yang didapatkan dari hasil tes asesmen kompetensi minimum (AKM) matematika siswa kelas V di SD Negeri 01 yang berada di kabupaten karanganyar.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Objek penelitian ini meliputi tes asesmen kompetensi minimum (AKM), tantangan dan peluang. Teknik pengumpulan data
yaitu soal tes asesmen kompetensi minimum (AKM), wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (AKM) pada kelas V di SD Negeri 01 yang berada di kabupaten karanganyar. Maka peneliti membahas secara mendalam kemampuan literasi numerasi dan tantangan yang dihadapi siswa kelas 5 dalam mengerjakan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) matematika di SD Negeri 01 yang berada di kabupaten karanganyar serta bagaimana peluang yang didapatkan dari hasil tes asesmen kompetensi minimum (AKM) di SD Negeri 01 yang berada di kabupaten karanganyar.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kemampuan literasi numerasi masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor hasil tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yaitu sebesar 28,24 dari jumlah 17 siswa, tantangan yang
dihadapi yaitu siswa pertama kali menggunakan laptop dalam tes, siswa masih belum bisa memahami soal dalam tes AKM, siswa masih kesulitan mengerjakan dalam menentukan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal, serta materi
yang telah di ajarkan guru masih belum bisa dipahami dengan baik, 2) peluang dari adanya tes Asesmen Kompetensi Dasar (AKM) dapat sebagai evaluasi guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran untuk siswa untuk meningkatkan kemampuan
literasi numerasi.
Kata Kunci : Kemampuan Literasi Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Tantangan dan Peluang
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Tantangan dan Peluang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:47 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:48 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/261 |