Kartini, Sri (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BROADCASTING SMK VETERAN 1 SUKOHARJO TAHUN AKADEMIK 2024/2025 - 2051300007. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SRI KARTINI-1.pdf - Submitted Version
Download (227kB)
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SRI KARTINI-BAB I-II.pdf - Submitted Version
Download (958kB)
![[thumbnail of BAB III-V]](https://eprints.univetbantara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SRI KARTINI-BAB III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan quizizz terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Dasar-Dasar Broadcasting kelas X Broadcasting di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Quizizz adalah media pembelajaran berbasis game. Aplikasi ini mengubah aktivitas multi pemain menjadi latihan interaktif dan menyenangkan di dalam kelas. Guru dapat membuat kuis onlien yang diakses siswa melalui perangkat siswa sendiri, yang memungkinkan siswa dapat menjawab pertanyaan secara mandiri atau berkompetisi dengan teman-teman. Quizizz di rancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman materi, dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif serta menyenangkan.
Jenis penelitian yang digunakan menggunakan metode eksperimen dengan analisis data kuantitatif dengan pengambilan sampel berjumlah 30 siswa. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen dengan mambagi sampel penelitian menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan media quizizz dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional atau ceramah. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) perlakuan penggunaan media quizizz dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Broadcasting di SMK Veteran 1 Sukoharjo pada mata pelajaran dasar-dasar broadcasting.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent t-test dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 25. Dari hasil uji independent t-test, diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,189 dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan yaitu 5% atau 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan media quizizz dan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh, bahwa penggunaan media quizizz memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X Broadcasting di SMK Veteran 1 Sukoharjo.
Kata Kunci : Media Quizizz, Hasil Belajar Siswa, Kelas X Broadcasting
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Quizizz, Hasil Belajar Siswa, Kelas X Broadcasting |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Amalia Zulfa |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:08 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:08 |
URI: | https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/222 |