IMPLEMENTASI MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN 2022/2023 SKRIPSI. 1951600003

RHAHMADANNY, R (2023) IMPLEMENTASI MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN 2022/2023 SKRIPSI. 1951600003. Thesis thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara.

[thumbnail of Halaman Awal] Text (Halaman Awal)
RHAHMADANNY AWAL.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
RHAHMADANNY BAB 1.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
RHAHMADANNY BAB 2.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
RHAHMADANNY BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
RHAHMADANNY BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
RHAHMADANNY BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
RHAHMADANNY DP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan argumentasi ilmiah pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan; 1) Observasi, 2) Post tes, dan 3) Dokumentasi.
Pada kondisi awal memiliki nilai rendah dalam keterampilan berpikir kritis maupun keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Keterampilan berpikir kritis pada siklus I 66% (24 siswa). Pada siklus II 83% (30 siswa). Pada siklus III 83% (31 siswa). Sedangkan pada keterampilan argumentasi ilmiah pada siklus I 77% (28 siswa). Pada siklus II 88% (32 siswa). Pada siklus III 94% (34 siswa). Didalam pembelajaran disebutkan apabila telah mencapai ketuntasan secara klasikal ≥ 75%. Pada setiap siklus mengalami peningkatan dalam keterampilan berpikir kritis dan argumentasi ilmiah serta telah mencapai ketuntasan, maka penelitian ini berhenti di siklus III dikarenakan siswa sudah memiliki daya pola pemikiran kritis dan aktif dalam mengutarakan argumennya.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwasannya penerapan model Argument Driven Inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan argumentasi ilmiah siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Argument Driven Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Argumentasi Ilmiah
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:41
Last Modified: 10 Aug 2023 06:41
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item
View Item