MODUL COOPERATIVE LEARNING UNTUK GURU TPA (TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN) - SYIFA FAUZIYAH, M.Pd. - Universitas Veteran Bangun Nusantara.

FAUZIYAH, SYIFA (2023) MODUL COOPERATIVE LEARNING UNTUK GURU TPA (TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN) - SYIFA FAUZIYAH, M.Pd. - Universitas Veteran Bangun Nusantara. Project Report. FKIP, Sukoharjo.

[thumbnail of BUKU MODUL] Text (BUKU MODUL)
Modul Cooperative Learning Syifa.pdf

Download (748kB)

Abstract

Cooperative learning (CL) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Pembelajaran Kooperatif merupakan sebuah pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran dengan kelompok kecil yang menyediakan kesempatan kepada siswa/santri untuk mengaplikasikan pengetahuan konsep melalui tahap aktivitas- aktitas kelompok. Pembelajaran kooperatif adalah suatu strategi belajar mengajar yang
menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih (Slavin dalam Purnamasari, Vita, 2015). Pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda (Anita Lie dalam Purnamasari, Vita, 2015).
Setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Pembelajaran kooperatif tidak sama dengan sekedar belajar kelompok, tetapi ada unsur-unsur dasar yang membedakannya dengan pembagian kelompok yang dilakukan asal-asalan. Kerja kelompok yang biasa dilakukan tidak semua dapat dianggap sebagai pembelajaran kooperatif, untuk itu harus diterapkan lima unsur model pembelajaran kooperatif. Lima unsur yang membedakan
pembelajaran cooperative dengan belajar kelompok yang biasa adalah saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi antar anggota, dan evaluasi proses kelompok.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Strategi Belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Strategi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 25 Apr 2024 05:13
Last Modified: 25 Apr 2024 05:13
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item
View Item