ANALISIS PENERAPAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI MANAHAN KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 2052000018

UTAMININGTYAS, PINILIH (2023) ANALISIS PENERAPAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI MANAHAN KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 - 2052000018. Skripsi thesis, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
PINILIH HALAMAN AWAL.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
PINILIH BAB I-II.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of BAB III-AKHIR] Text (BAB III-AKHIR)
PINILIH BAB III-AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Analisis Penerapan Literasi Membaca Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Manahan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024, Pembimbing 1 Dwi Anggraeni Siwi, M.Pd dan Pembimbing 2 Nurratri Kurnia Sari, M.Pd. Sukoharjo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 PGSD Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Agustus 2023
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Penerapan Literasi Membaca Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Manahan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subyek penelitian adalah siswa Kelas 3A Sekolah Dasar Negeri Manahan Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, dokumentasi ,dan wawancara. Dengan menggunakan trianggulasi teknik sebagai keabsahan data. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui guru kelas dan siswa kelas 3A.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan literasi membaca Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Manahan Kota Surakarta dilakukan dengan pembiasaan kegiatan literasi 15 menit sebelum pelajaran dimulai melalui kegiatan prabaca, membaca, dan pasca baca pada peserta didik tetapi kegiatan literasi yang dilakukan oleh siswa kelas 3 masih terbatas hanya dengan memanfaatkan pojok baca belum memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana penunjang kegiatan literasi. Keterbatasan jumlah buku dan judul buku yang ada di pojok baca sehingga akhirnya menjadi penghambat dalam proses literasi siswa. Dari analisis kemampuan baca pada tahap aktivitas prabaca mayoritas siswa sudah menunjukkan kemampuan yang baik dalam menentukan dan mencari teks bacaan sesuai dengan instruksi guru, sudah dapat memahami stimulus, dapat menjawab pertanyaan dan sudah menunjukkan kesiapan dalam membaca. Dalam aktivitas membaca 60-70% siswa sudah mampu menghubungkan teks yang dibaca dengan pengetahuan, sudah bisa membangun pemahaman sendiri, sudah mampu menjawab pertanyaan, sudah mampu mengkaji teks sesuai bimbingan guru dan sudah mampu mencatat hal – hal yang penting. Tetapi dalam aktivitas pasca baca terjadi penurunan kemampuan siswa dalam menyimpulkan dan meringkas teks sesuai dengan pemahaman mereka sendiri, siswa masih kesulitan dalam menuliskan teks baru dan menemukan gagasan pokok. Oleh sebab itu guru perlu melatih kemampuan siswa dalam aktivitas pasca baca.

Kata kunci : Literasi, Prabaca, membaca, dan pasca baca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Prabaca, membaca, dan pasca baca
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: A.Md Dwi Hariyanti
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:50
Last Modified: 29 Feb 2024 00:18
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item
View Item