KENDALA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN CIVIC DISPOSITION PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI - Ika Murtiningsih, S.Pd., M.Pd - Universitas Veteran Bangun Nusantara

Murtiningsih, Ika (2022) KENDALA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN CIVIC DISPOSITION PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI - Ika Murtiningsih, S.Pd., M.Pd - Universitas Veteran Bangun Nusantara. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN, 09 (02): 4. pp. 141-147. ISSN 2614-6134

[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
KENDALA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas secara mendalam mengenai kendala yang dihadapi guru PKn dalam menumbuhkan civic disposition peserta didik di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X dan guru di SMK Negeri 5 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi Data,
(3) Sajian Data, (4) Pengambilan Kesimpulan. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) merupakan subjek pembelajaran yang mengemban misi untuk membentuk kepribadian bangsa, yakni sebagai upaya sadar dalam “nation and character building.” Secara khusus PKn mempunyai peranan
penting dalam membentuk civic disposition atau watak kewarganegaraan sehingga dapat menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Hal ini sekolah menjadi tempat untuk membentuk civic disposition peserta didik melalui pembudayaan karakter di lingkungannya. Implementasi dalam menumbuhkan civic disposition harus didukung dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Namun pada kenyataannya, dalam masa pandemi ini penumbuhan civic disposition sulit untuk dilakukan.
Permasalahan di lapangan terlihat dengan kurangnya kedisiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas, kurangnya tanggungjawab dalam pengerjaan tugas-tugas dari guru, peserta didik kurang mandiri, dan guru hanya menekankan aspek kognitif saja.

Kata kunci:
Pembelajaran, PKn, Civic Disposition, Masa Pandemi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, PKn, Civic Disposition, Masa Pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Amalia Zulfa
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:28
Last Modified: 26 Feb 2024 05:26
URI: https://eprints.univetbantara.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item
View Item